Rabu, 10 Agustus 2016

Manisan Kulit Semangka

Semangka merupakan jenis buah berair yang  sebagian besar jenis daging buahnya bewarna merah. Buah ini sangat cocok di konsumsi di saat udara terasa sangat panas atau di siang hari yang cukup erik. Ini dikarenakan, hampir 90 persen kandungan semangka terdiri atas air. Buah ini mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun di pasar yang lebih modern. Selain itu, buah semangka mempunyai banyak manfaat di antaranya yaitu sebagai memelihara kesehatan ginjal, pencegahan sariawan, mengurangi resiko hipertensi dan stroke, anti inflamasi dan antioksidan, otot nyeri, dan obat kuat yang alami.
Buah ini banyak juga di temukan di Desa Lapa Daya, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura. Tepatnya di Dusun Telbuk, terdapat perkebunan semangka yang cukup luas. Setiap panen lebih dari 2 ton semangka merah di kirim ke berbagai kota. Biasanya daging semangka yang banyak di manfaatkan, sedangkan kulit semangka di buang begitu saja.
Sehingga kami mempunyai ide untuk memanfaatkan kulit semangka menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomis tinggi yaitu manisan kulit semangka.
Program kerja ini di laksanakan di rumah Bapak Asy’ari selaku Sekretaris Kepala Desa Lapa Daya pada tanggal 23 Juli 2016 pukul 16.30 WIB.


Manisan kulit semangka di buat dari kulit semangka yang sudah di kupas kulit luarnya lalu di potong kotak dan di rendam dengan air endapan kapur selama semalam. kemudian rebus air, gula, pandan dan kayu manis menjadi satu. Tambahkan pewarna makanan untuk semakin menarik. Lalu masukkan potongan kulit semangka yang telah di rendam dan aduk terus hingga air gula mengental. Angkat dan tiriskan.Bisa di letakkan di lemari es untuk penyimpanan lebih lama.




Pelatihan ini di jelaskan oleh Ruri Susanti dan Riza Yunita Sari dari kelompok 67 KKN Universitas Trunojoyo Madura.Para peserta pelatihan yaitu ibu – ibu PKK Desa Lapa Daya.Para peserta sangat antusias karena pelatihan ini belum pernah di adakan sebelumnya dan cukup inovatif. Harapan dari terlaksananya acara ini adalah semoga para peserta bisa menerapkan dan menambah nilai jual dari kulit semangka menjadi produk yang inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Lapa Daya

Lapa Daya

Kecamatan Dungkek merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur kota Sumenep dan terdiri dari 1...