Kamis, 11 Agustus 2016

Pembuatan Jamu Instan dari Cabai Jamu



Cabai Jawa (cabe jamu) atau nama latinnya Piper retroractum merupakan sejenis tanaman cabe – cabean jenis rempah. Tanaman ini tumbuh merambat dan mempunyai banyak khasiat sehingga di jadikan campuran jamu oleh masyarakat. Di Desa Lapa Daya, tepatnya di Dusun Ares Tengah banyak di jumpai tanaman tersebut. Oleh masyarakat sekitar, biasa di jual langsung kepada pengepul.
Sehingga kami mempunyai gagasan untuk mengelola cabe jamu di Desa Lapa Daya menjadi sebuah produk yaitu Jamu Instan. Program kerja ini dilaksanakan pada hari sabtu, 24 Juli 2016 di rumah Bapak Asy’ari selaku Sekretaris Kepala Desa Lapa Daya.




Jamu instan ini di buat dari campuran kunyit, asam jawa, gula dan cabe jamu yang telah di haluskan. Kemudian di panaskan dengan api kecil dan di aduk terus – menerus hingga menjadi bubuk. Lalu di tiriskan dan di saring hingga hasilnya berupa bubuk jamu instan yang siap digunakan.


Para peserta pelatihan ini adalah ibu – ibu PKK Desa Lapa Daya. Pemateri dalam acara ini di bawakan oleh Agus Setiawan dan Ika Kurnia Sandi dari kelompok 67 KKN Universitas Trunojoyo Madura. Para peserta sangat antusias karena pelatihan ini belum pernah di adakan sebelumnya, banyak dari peserta mencoba jamu instan ini dan ada yang berminat membawanya pulang karena tertarik dengan khasiatnya yaitu bermanfaatuntukmengatasi rasa lemah (neurasthenia), masukangin, pencernaanterganggu, batuk, ayan, demam, obatkuat, peredakeluhanperutdanmembersihkanrahimsehabismelahirkan.
Semogadariterlaksananya acara ini, para pesertadapatmenerapkannya di rumahataupunmembukausahajamuinstansehinggacabejamu yang biasanyahanya di jualkepengepulbisalebih di manfaatkandanbernilaitinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Lapa Daya

Lapa Daya

Kecamatan Dungkek merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur kota Sumenep dan terdiri dari 1...