Selasa, 09 Agustus 2016

Pembuatan Nata de Coco

 Pembuatan Nata de Coco

Seperti yang kita ketahui, pohon kelapa merupakan pohon yang mempunyai banyak kegunaan baik dari batang, daun, dan buahnya. Batangnya biasa di pakai sebagai bahan bangunan ataupun kayu bakar, daunnya bisa dipakai sebagai penebah ataupun sebagai penyusun ketupat sedangkan buah kelapa terdiri dari air kelapa, daging kelapa, kulit kelapa dan batok kelapa. Dari buah kelapa, kita dapat memanfaatkannya secara lebih luas dan bernilai ekonomis tinggi.
Di Desa Lapa Daya, banyak ditemukan pohon kelapa. Dari sinilah kelompok kami mempunyai inovasi untuk mengembangkan buah kelapa mulai dari air kelapa, daging kelapa, kulit kelapa dan batok kelapa menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual tinggi. Hal ini menjadi program kerja utama kami dalam melaksanakan KKN di desa Lapa Daya. Adapun program kerja kami sebagai berikut :
1.       Pembuatan Nata de Coco
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2016 bertempat di rumah bapak Sekretaris Kepala Desa Lapa Daya yaitu Bapak Asy’ari pada pukul 15.30 WIB.
 

Nata de Coco terbuat dari air kelapa yang di fermentasikan dengan bakteri yang disebut starter/ bibit nata de coco, urea,cuka dan air gula sesuai takaran. Lalu di diamkan selama 7 hari dengan penyimpanan suhu ruang. Selanjutnya nata de coco yang sudah jadi di potong kecil dan di rendam dengan air gula. 

Praktik pembuatan nata de coco di jelaskan oleh Krida Siswoko Dwi Ansani dan Riza Yunita Sari dari kelompok 67 KKN Unijoyo. Peserta pelatihan pembuatan nata de coco adalah ibu – ibu PKK dari desa Lapa Daya, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura.


Para peserta sangat antusias karena pelatihan ini belum pernah di adakan di desa ini, sehingga harapan dari terlaksanakannnya acara ini adalah ibu – ibu PKK bisa mengambil ilmu dan menerapkannya agar air kelapa yang biasanya dibuang dapat menjadi lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Lapa Daya

Lapa Daya

Kecamatan Dungkek merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur kota Sumenep dan terdiri dari 1...