Rabu, 10 Agustus 2016

Sosialisasi PERMEN-KP No. 1 Tahun 2015 Tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan

Seringkali nelayan di Dusun Telbu’, Desa Lapa Daya, Kecamatan Dungkek, Sumenep mendapatkan anakan lobster dengan berat 1,5 ons atau lebih. Namun kendala yang sering di alami para nelayan di dusun ini adalah bagaimana menyikapi hasil tangkapan berupa anakan lobster laut ini karena menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 1 tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan menyebutkan bahwa siapapun yang menangkap dan memperjualbelikan anakan lobster dengan ukuran berat 1,5 ons maka akan di kenakan hukum pidana dan denda yang tidak sedikit.

Untuk itulah Sosialisasi PERMEN-KP No. 1 Tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan di adakan di Dusun Telbu’, Desa Lapa Daya, Kab. Sumenep. Acara ini di laksanakan di Rumah Kepala Dusun yaitu Bapak Muhdar pada tanggal 1 Agustus 2016 pukul 15.30 s.d. selesai.

Selain di adakannya sosialisasi agar para nelayan mengerti tentang peraturan menangkap lobster, Juga kami mengundang pemateri dari Prodi Ilmu Kelautan Universitas Trunojoyo Madura yaitu Dr. Apri Arisandi. S.Pi.,M.Si yang membawakan materi tentang Budidaya Pembesaran Lobster.



Sehingga harapan dari terlaksananya acara ini adalah para nelayan bisa lebih memanfaatkan anakan lobster yang tertangkap untuk di budidayakan dan ketika ukurannya sudah melebihi dengan yang di sarankan bisa di jual dengan nilai ekonomis tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Lapa Daya

Lapa Daya

Kecamatan Dungkek merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur kota Sumenep dan terdiri dari 1...