Minggu, 30 Juli 2017

Kerupuk Puli Produk Lokal Desa




Krupuk puli merupakan produk lokal atau produk buatan rumahan (home industry) yang dimiliki dan dibuat sendiri oleh keluarga pak yasin dengan dibantu oleh para pekerjanya yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di Desa Lapa Daya. Pak Yasin sudah memproduksi krupuk Puli ini sejak 7 tahun yang lalu dan mendapat inspirasi dari ibu kiki yang pernah memproduksi krupuk Puli (istri bapak Sekdes).
 Krupuk Puli ini terbuat dari tepung tapioka 50 kg dan tepung terigu 25 kg, bawang putih yang sudah dihaluskan 1 kg, penyedap rasa (micin) 600 gr, terasi 1,5 kg dan bleng (obat untuk krupuk). Bahan-bahan tersebut dapat dibeli di toko-toko terdekat dan cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama sediakan air secukupnya. Lalu campur semua bahan menjadi satu dan dimasukkan kedalam air yang sudah disediakan hingga menjadi adonan krupuk. Adonan krupuk dibuat sedikit encer. Kemudian proses selanjutnya adalah merebus adonan dan dimasukkan kedalam cetakan hingga adonannya berbentuk lembaran-lembaran. Kemudian lembaran-lembaran tersebut ditumpuk dan dipotong kotak-kotak (bentuk dapat disesuaikan dengan selera). Selanjutnya potongan krupuk ditata pada alas yang berbentuk anyaman yang terbuat dari daun kelapa (dhe-ghideng). Setelah ditata pada dhe-gidheng, kemudian dijemur dibawah terik matahari selama 1 – 2 hari.
              Pemasaran dan pendistribusian krupuk puli ini sudah cukup luas; mulai dari desa-desa tetangga, kecamatan Dungkek dan luar kota, bahkan hingga ke luar pulau Madura. Proses pembuatan krupuk puli dilakukan setiap hari atau setiap dua hari sekali, tergantung pada jumlah pesanan dari pelanggan. Kebanyakan orang yang membeli kerupuk puli ini akan menjualnya lagi dalam keadaan yang sudah digoreng dan dikemas.. Omset yang didapat pak Yasin dalam sehari atau satu kali proses pembuatan krupuk puli kira-kira Rp. 300.000,- 
            Kalau kalian datang ke Desa Lapa Daya, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, jangan lupa untuk membeli atau sekedar mencicipi kerupuk puli ini.

Salam #PesonaLapaDaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Lapa Daya

Lapa Daya

Kecamatan Dungkek merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Sumenep, Madura. Terletak di sebelah timur kota Sumenep dan terdiri dari 1...